Soal :
1.
Berdasarkan deskripsi di atas tuliskan
modul-modul yang akan digunakan dalam Sisten Informasi Pelanggan.
2.
Buatlah gambaran sistem jika perlu lengkapi
dengan screenshot dari aplikasi yang akan dibangun.
3.
Tentukan ruang lingkup dari proyek yang akan dikerjakan.
4.
Jika tersedia dana 150 juta buat KAK, atau TOR
dari proyek yang ditawarkan.
5.
Untuk mengerjakan proyek di atas dibutuhkan tim.
Bagaimana membangun tim yang mampu untuk menyelesaikan proyek?
Jawaban :
1. Modul Sistem Informasi Pelanggan
·
Login/logout
untuk satu akun admin yang diakses oleh customer
care staff
·
Form daftar pelanggan yang merupakan modul untuk
mendaftarkan pelanggan, yang baru membeli mobil di Auto 2000, yang berisi nama,
alamat, nomor hp, jenis mobil, warna mobil, waktu dan tanggal dibelinya mobil,
nomor seri mesin, dan nomor plat mobil
·
Service
Form yang merupakan modul untuk memasukkan
informasi servis yang sudah dilakukan dan menjadi tolok ukur untuk melakukan
servis berikutnya
·
Fitur sms pelanggan otomatis untuk memberitahu
pelanggan agar melakukan servis bulanan dan sms dikirim beberapa hari sebelum
waktu seharusnya pelanggan melakukan servis mobil tersebut.
·
Send
Report by SMS yang merupakan modul
yang memudahkan customer care staff untuk
mengirimkan sms informasi mengenai servis mobil pelanggan yang sudah dilakukan
berdasarkan Service Form yang diisi
tepat setelah mobil pelanggan selesai diservis dan/atau data mobil pelanggan
saat dibeli.
·
Service
Requests yang merupakan modul untuk memperoleh dan mengelola permintaan
servis mobil dari pelanggan yang dilakukan pelanggan melalui sms
2.
Gambaran Sistem :
·
Hak akses dilakukan oleh admin yang merupakan customer care staff
·
Dapat melakukan Login/logout untuk satu akun admin yang diakses oleh customer care staff
·
Mengelola data pelanggan yang berisi berisi
nama, alamat, nomor hp, jenis mobil, warna mobil, waktu dan tanggal dibelinya
mobil, nomor seri mesin, dan nomor plat mobil
·
Mengelola informasi kegiatan servis mobil
pelanggan
·
Menyediakan proses pengiriman sms secara
otomatis kepada pelanggan bahwa sudah saatnya mobil pelanggan tersebut diservis
berdasarkan tanggal pembelian mobil dan/atau tanggal servis sebelumnya
·
Menangani pengiriman informasi/report mengenai servis mobil yang sudah
diselesaikan kepada pelanggan melalui sms
·
Mengelola permintaan servis mobil dari sms
pelanggan dan menampilkan nomor urut antrian servis
Screenshoot mockup sistem :
3.
Ruang lingkup proyek :
·
Mengelola data pelanggan yang berisi berisi
nama, alamat, nomor hp, jenis mobil, warna mobil, waktu dan tanggal dibelinya
mobil, nomor seri mesin, dan nomor plat mobil
·
Mengelola informasi kegiatan servis mobil
pelanggan
·
Menyediakan proses pengiriman sms secara
otomatis kepada pelanggan bahwa sudah saatnya mobil pelanggan tersebut diservis
berdasarkan tanggal pembelian mobil dan/atau tanggal servis sebelumnya
·
Menangani pengiriman informasi/report mengenai servis mobil yang sudah
diselesaikan kepada pelanggan melalui sms
·
Mengelola permintaan servis mobil dari sms
pelanggan dan menampilkan nomor urut antrian servis
·
Fokus proyek adalah pada pembangunan atau
pembuatan sistem informasi sampai pemeliharaan dalam kurun waktu tertentu
·
Mencakup quality control dan quality assurance
4.
KAK
KERANGKA ACUAN KERJA
SISTEM INFORMASI PELANGGAN
PT. AUTO 2000
OLEH
QONITA LUTHFIA SUTINO
NRP. 5113100192
MPPL A (2015/2016)
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
SURABAYA
2016
|
|
PERIHAL
|
PENJELASAN
|
|
1
|
Latar
Belakang
|
Perusahaan Auto 2000 merupakan
perusahaan yang menyediakan penjualan dan servis mobil bermerk Toyota,
khususnya. Namun, tidak semua pelanggan Auto 2000 melakukan servis mobilnya secara
teratur dan kontinu di Auto 2000, padahal penanganan dan perawatan mobil
Toyota di Auto 2000 sangat memadai dan lengkap.
Maka dari itu, diperlukan sistem
informasi yang dapat mengelola informasi pelanggan, informasi mobil
pelanggan, dan servis mobil pelanggan.
|
|
2
|
Maksud dan
Tujuan
|
Sistem informasi pelanggan ini dibutuhkan untuk
mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan melalui kegiatan servis mobil
pelanggan. Sistem informasi ini memudahkan customer care staff perusahaan mengelola informasi pelanggan,
informasi mobil pelanggan, dan servis mobil pelanggan dengan lebih efektif.
|
|
3
|
Sasaran
|
Tersedianya sistem informasi pelanggan ini diharapkan dapat membangun hubungan yang lebih
baik antara perusahaan dengan pelanggan melalui layanan servis mobil yang lebih efektif yang dikelola oleh customer
service
|
|
4
|
Nama dan
Organisasi Pengguna Jasa
|
PT. Auto 2000
|
|
5
|
Sumber Pendanaan
|
Anggaran Pendapatan dan Belanja
Perusahaan PT. Auto 2000 dengan biaya sebesar
Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) di luar biaya pajak
|
|
6
|
Lingkup,
Lokasi, Fasilitas dan Alih pengetahuan
|
a. Lingkup
kegiatan
i. Pengembangan
modul-modul aplikasi yang berbasis web sebagai berikut:
1.
Login/logout
untuk satu akun admin yang diakses oleh customer
care staff
2. Form
daftar pelanggan yang merupakan modul untuk mendaftarkan pelanggan yang baru
membeli mobil di Auto 2000 yang berisi nama, alamat, nomor hp, jenis mobil,
warna mobil, waktu dan tanggal dibelinya mobil, nomor seri mesin, dan nomor
plat mobil
3.
Service
Form yang merupakan modul untuk
memasukkan informasi servis yang sudah dilakukan dan menjadi tolok ukur untuk
melakukan servis berikutnya
4. Fitur
sms pelanggan otomatis yang merupakan modul untuk memberitahu pelanggan agar
melakukan servis bulanan dan sms dikirim beberapa hari sebelum waktu
seharusnya pelanggan melakukan servis mobil tersebut
5. Send Report by SMS yang merupakan modul yang memudahkan customer care staff untuk mengirimkan
sms informasi mengenai servis mobil pelanggan yang sudah dilakukan
berdasarkan Service Form yang diisi
tepat setelah mobil pelanggan selesai diservis
6.
Service
Requests yang merupakan modul untuk memperoleh dan mengelola permintaan
servis mobil dari pelanggan yang dilakukan pelanggan melalui sms
ii. Pengembangan
basisdata pendukung aplikasi
1. Pengembangan
Struktur Database
2. Pengembangan
Database Relationship
iii. Menyusun
dokumentasi lengkap
1. User
Requirement,
2. User
Interface,
3. Migrasi
data,
4. Testing
(Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
5. Database
Dictionary,
6. Database
Security,
7. Security
Level,
8. Form
Input/Output,
9. Source
Code yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna jasa.
10. User
Manual
iv. Validasi data yang sudah ada dengan jumlah ±10.000 data.
v. Pengadaan
server dll
b. Lokasi
kegiatan
Kantor PT. Auto 2000, Jakarta
c. Data dan
Fasilitas penunjang
i. Oleh pengguna
jasa:
a).
Data
pelanggan
b).
Data
mobil pelanggan
c).
Laporan
aktivitas servis mobil pelanggan
ii. Oleh penyedia
jasa:
a) Ruangan
khusus
b) Meja
c) Personal Computer
d. Alih
pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, diskusi, dan
seminar terkait dengan substansi pelaksanaan pekerjaan dalam rangka alih
pengetahuan kepada customer care staff
di PT. Auto 2000
|
|
7
|
Metodologi
|
Best practice pengembangan
sistem
|
|
8
|
Jangka Waktu Pelaksanaan
|
· ± 85 (delapan puluh lima) hari
kalender pelaksanaan pekerjaan
· Minimal 5 (lima) hari untuk acceptance
test
|
|
9
|
Kualifikasi
|
Kualifikasi penyedia jasa:
a. Bersedia
menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data danInformasi sesuai dengan
kebijakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi
b. Memiliki
latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan Pembangunan
Aplikasi dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi
c. Pernah
menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi untuk lima organisasi berbeda
d. Memiliki
pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan
Aplikasi
e. Memiliki production house / workshop dan tenaga-tenaga ahli yang
permanen
f. Memiliki metode
yang baik dalam memberikan pelayanan kepada
Pengguna
g. Memiliki
komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan
|
|
10
|
Tenaga Ahli
|
a.
Ahli Manajemen Proyek/Project Manager (1 orang)
b.
Ahli Perencanaan Sistem Informasi (2 orang)
c.
Ahli Software
Developer (2 orang)
d.
Ahli Database
Analysis (1 orang)
e.
Ahli Jaringan Komputer (1 orang)
f.
Ahli Software
Tester (1 orang)
g.
Ahli Software
Quality Assurance (2 orang)
|
|
11
|
Keluaran
|
a. Perangkat
lunak aplikasi yang dapat dioperasionalkan untuk
memenuhi kebutuhan yang telah disepakati
b. Dokumentasi hasil analisis, desain, konfigurasi sistem)
c. Program
dengan source code
d. Manual teknis
e. SOP (System Operating
Procedure) dan SMP (System Maintenance
Procedure)
f. Instalasi
aplikasi
g. Migrasi data
h. Pelatihan,
pendampingan, garansi, pemeliharaan
Ctt:
Dokumentasi dalam bentuk softcopy
dan hardcopy
|
|
12
|
Pelaporan
|
a. Laporan
Pendahuluan
i. Rencana kerja
menyeluruh
ii. Mobilisasi
tenaga ahli dan tenaga pendukung
iii. Jadwal
kegiatan
Laporan harus diserahkan
selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3
(tiga) buah laporan.
b. Laporan
Interim
i. Hasil
kegiatan yang sudah dicapai (volume pekerjaan),
ii. Masalah
pelaksanaan dan rencana solusinya,
iii. Rencana baru
selanjutnya
c. Laporan Akhir
i. Laporan Pendahuluan
ii. Laporan
Mingguan
iii. Keluaran
proyek
d. Laporan dua mingguan pada pertemuan rutin
|
PT. Auto 2000
PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN,
Qonita Luthfia Sutino
NIP. 5113100192
5.
Tim proyek terdiri dari :
·
Project
Manager (1 orang)
Project Manager disyaratkan seorang, minimal Sarjana
Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang
terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di
bidang project management pengembangan
aplikasi sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. Sebagai Project Manager, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir
seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa
projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
·
Ahli Perencanaan Sistem Informasi (2 orang)
Ahli Perencanaan Sistem Informasi disyaratkan adalah minimal Sarjana
Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi
negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang
berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang perencanaan dan perancangan sistem
informasi sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
·
Software
Developer (2 orang)
Software Analyst disyaratkan
adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan
perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat,
yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat
lunak komputer berbasis web sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
·
Database Analyst
(1 orang)
Database Analyst disyaratkan
adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan
perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat,
yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang database sistem informasi sekurang-kurangnya
2 (tiga) tahun
·
Ahli Jaringan Komputer (1 orang)
Ahli Jaringan Komputer disyaratkan adalah minimal Sarjana
Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi
negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat, yang
berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang jaringan komputer sistem
informasi sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
·
Ahli Software
Tester (1 orang)
Ahli Software Tester disyaratkan adalah minimal
Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi
negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang
berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang testing sistem informasi sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
·
Ahli Software
Quality Assurance (1 orang)
Ahli Software Quality Assurance disyaratkan
adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan
perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat,
yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang penjaminan mutu perangkat
lunak sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun


Tidak ada komentar:
Posting Komentar