Minggu, 27 Maret 2016

UTS MPPL A

UTS MPPL A 2016

Soal :
1.       Berdasarkan deskripsi di atas tuliskan modul-modul yang akan digunakan dalam Sisten Informasi Pelanggan.
2.       Buatlah gambaran sistem jika perlu lengkapi dengan screenshot dari aplikasi yang akan dibangun.
3.       Tentukan ruang lingkup dari proyek yang akan dikerjakan.
4.       Jika tersedia dana 150 juta buat KAK, atau TOR dari proyek yang ditawarkan.

5.       Untuk mengerjakan proyek di atas dibutuhkan tim. Bagaimana membangun tim yang mampu untuk menyelesaikan proyek?

 Jawaban :
1.       Modul Sistem Informasi Pelanggan
·         Login/logout untuk satu akun admin yang diakses oleh customer care staff
·         Form daftar pelanggan yang merupakan modul untuk mendaftarkan pelanggan, yang baru membeli mobil di Auto 2000, yang berisi nama, alamat, nomor hp, jenis mobil, warna mobil, waktu dan tanggal dibelinya mobil, nomor seri mesin, dan nomor plat mobil
·         Service Form  yang merupakan modul untuk memasukkan informasi servis yang sudah dilakukan dan menjadi tolok ukur untuk melakukan servis berikutnya
·         Fitur sms pelanggan otomatis untuk memberitahu pelanggan agar melakukan servis bulanan dan sms dikirim beberapa hari sebelum waktu seharusnya pelanggan melakukan servis mobil tersebut.
·         Send Report by SMS  yang merupakan modul yang memudahkan customer care staff untuk mengirimkan sms informasi mengenai servis mobil pelanggan yang sudah dilakukan berdasarkan Service Form yang diisi tepat setelah mobil pelanggan selesai diservis dan/atau data mobil pelanggan saat dibeli.
·         Service Requests yang merupakan modul untuk memperoleh dan mengelola permintaan servis mobil dari pelanggan yang dilakukan pelanggan melalui sms

2.       Gambaran Sistem :
·         Hak akses dilakukan oleh admin yang merupakan customer care staff
·         Dapat melakukan Login/logout untuk satu akun admin yang diakses oleh customer care staff
·         Mengelola data pelanggan yang berisi berisi nama, alamat, nomor hp, jenis mobil, warna mobil, waktu dan tanggal dibelinya mobil, nomor seri mesin, dan nomor plat mobil
·         Mengelola informasi kegiatan servis mobil pelanggan
·         Menyediakan proses pengiriman sms secara otomatis kepada pelanggan bahwa sudah saatnya mobil pelanggan tersebut diservis berdasarkan tanggal pembelian mobil dan/atau tanggal servis sebelumnya
·         Menangani pengiriman informasi/report mengenai servis mobil yang sudah diselesaikan kepada pelanggan melalui sms
·         Mengelola permintaan servis mobil dari sms pelanggan dan menampilkan nomor urut antrian servis

Screenshoot mockup sistem :





3.       Ruang lingkup proyek :
·         Mengelola data pelanggan yang berisi berisi nama, alamat, nomor hp, jenis mobil, warna mobil, waktu dan tanggal dibelinya mobil, nomor seri mesin, dan nomor plat mobil
·         Mengelola informasi kegiatan servis mobil pelanggan
·         Menyediakan proses pengiriman sms secara otomatis kepada pelanggan bahwa sudah saatnya mobil pelanggan tersebut diservis berdasarkan tanggal pembelian mobil dan/atau tanggal servis sebelumnya
·         Menangani pengiriman informasi/report mengenai servis mobil yang sudah diselesaikan kepada pelanggan melalui sms
·         Mengelola permintaan servis mobil dari sms pelanggan dan menampilkan nomor urut antrian servis
·         Fokus proyek adalah pada pembangunan atau pembuatan sistem informasi sampai pemeliharaan dalam kurun waktu tertentu
·         Mencakup quality control dan quality assurance

4.       KAK

KERANGKA ACUAN KERJA
SISTEM INFORMASI PELANGGAN
PT. AUTO 2000





OLEH
QONITA LUTHFIA SUTINO
NRP. 5113100192
MPPL A (2015/2016)









JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA
2016



PERIHAL
PENJELASAN
1
Latar Belakang
Perusahaan Auto 2000 merupakan perusahaan yang menyediakan penjualan dan servis mobil bermerk Toyota, khususnya. Namun, tidak semua pelanggan Auto 2000 melakukan servis mobilnya secara teratur dan kontinu di Auto 2000, padahal penanganan dan perawatan mobil Toyota di Auto 2000 sangat memadai dan lengkap.
Maka dari itu, diperlukan sistem informasi yang dapat mengelola informasi pelanggan, informasi mobil pelanggan, dan servis mobil pelanggan.
2
Maksud dan Tujuan
Sistem  informasi pelanggan ini dibutuhkan untuk mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan melalui kegiatan servis mobil pelanggan. Sistem informasi ini memudahkan customer care staff perusahaan mengelola informasi pelanggan, informasi mobil pelanggan, dan servis mobil pelanggan dengan lebih efektif.
3
Sasaran
Tersedianya sistem informasi pelanggan ini diharapkan dapat membangun hubungan yang lebih baik antara perusahaan dengan pelanggan melalui layanan servis mobil yang lebih efektif yang dikelola oleh customer service
4
Nama dan Organisasi Pengguna Jasa
PT. Auto 2000
5
Sumber Pendanaan
Anggaran Pendapatan dan Belanja Perusahaan PT. Auto 2000 dengan biaya sebesar  Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) di luar biaya pajak
6
Lingkup, Lokasi, Fasilitas dan Alih pengetahuan
a.       Lingkup kegiatan
           i.          Pengembangan modul-modul aplikasi yang berbasis web sebagai berikut
1.       Login/logout untuk satu akun admin yang diakses oleh customer care staff
2.       Form daftar pelanggan yang merupakan modul untuk mendaftarkan pelanggan yang baru membeli mobil di Auto 2000 yang berisi nama, alamat, nomor hp, jenis mobil, warna mobil, waktu dan tanggal dibelinya mobil, nomor seri mesin, dan nomor plat mobil
3.       Service Form  yang merupakan modul untuk memasukkan informasi servis yang sudah dilakukan dan menjadi tolok ukur untuk melakukan servis berikutnya
4.       Fitur sms pelanggan otomatis yang merupakan modul untuk memberitahu pelanggan agar melakukan servis bulanan dan sms dikirim beberapa hari sebelum waktu seharusnya pelanggan melakukan servis mobil tersebut
5.       Send Report by SMS  yang merupakan modul yang memudahkan customer care staff untuk mengirimkan sms informasi mengenai servis mobil pelanggan yang sudah dilakukan berdasarkan Service Form yang diisi tepat setelah mobil pelanggan selesai diservis
6.       Service Requests yang merupakan modul untuk memperoleh dan mengelola permintaan servis mobil dari pelanggan yang dilakukan pelanggan melalui sms
          ii.          Pengembangan basisdata pendukung aplikasi
1.       Pengembangan Struktur Database
2.       Pengembangan Database Relationship
        iii.          Menyusun dokumentasi lengkap
1.       User Requirement,
2.   User Interface,
3.   Migrasi data,
4.   Testing (Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
5.   Database Dictionary,
6.   Database Security,
7.   Security Level,
8.   Form Input/Output,
9.   Source Code yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna jasa.
10.   User Manual
        iv.          Validasi data yang sudah ada dengan jumlah ±10.000 data.
         v.          Pengadaan server dll
b.      Lokasi kegiatan
       Kantor PT. Auto 2000, Jakarta
c.       Data dan Fasilitas penunjang
           i.          Oleh pengguna jasa:
a).  Data pelanggan
b).  Data mobil pelanggan
c).  Laporan aktivitas servis mobil pelanggan
          ii.          Oleh penyedia jasa:
a)    Ruangan khusus
b)   Meja
c) Personal Computer
d.      Alih pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, diskusi, dan seminar terkait dengan substansi pelaksanaan pekerjaan dalam rangka alih pengetahuan kepada customer care staff di PT. Auto 2000
7
Metodologi
Best practice pengembangan sistem
8
Jangka Waktu Pelaksanaan
·         ± 85 (delapan puluh lima) hari kalender pelaksanaan pekerjaan
·         Minimal 5 (lima) hari untuk acceptance test
9
Kualifikasi
Kualifikasi penyedia jasa:
a.      Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data danInformasi sesuai dengan kebijakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi
b.     Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi
c.       Pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi untuk lima organisasi berbeda
d.     Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi
e.     Memiliki production house / workshop dan tenaga-tenaga ahli yang permanen
f.      Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna
g.     Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan
10
Tenaga Ahli
a.       Ahli Manajemen Proyek/Project Manager (1 orang)
b.      Ahli Perencanaan Sistem Informasi (2 orang)
c.       Ahli Software Developer (2 orang)
d.      Ahli Database Analysis (1 orang)
e.      Ahli Jaringan Komputer (1 orang)
f.        Ahli Software Tester (1 orang)
g.       Ahli Software Quality Assurance (2 orang)
11
Keluaran
a.      Perangkat lunak aplikasi yang dapat dioperasionalkan untuk memenuhi kebutuhan yang telah disepakati
b.      Dokumentasi hasil analisis, desain, konfigurasi sistem)
c.       Program dengan source code
d.      Manual teknis
e.      SOP (System Operating Procedure) dan SMP (System Maintenance Procedure)
f.        Instalasi aplikasi
g.       Migrasi data
h.      Pelatihan, pendampingan, garansi, pemeliharaan
Ctt: Dokumentasi dalam bentuk softcopy dan hardcopy
12
Pelaporan
a.       Laporan Pendahuluan
           i.      Rencana kerja menyeluruh
          ii.     Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung
        iii.     Jadwal kegiatan
            Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buah laporan.
b.      Laporan Interim
           i.          Hasil kegiatan yang sudah dicapai (volume pekerjaan),
          ii.          Masalah pelaksanaan dan rencana solusinya,
        iii.          Rencana baru selanjutnya
c.       Laporan Akhir
           i.          Laporan Pendahuluan
          ii.          Laporan Mingguan
        iii.          Keluaran proyek
d.      Laporan dua mingguan pada pertemuan rutin



PT. Auto 2000
PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN,

Qonita Luthfia Sutino
NIP. 5113100192

5.       Tim proyek terdiri dari :
·         Project Manager (1 orang)
Project Manager disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. Sebagai Project Manager, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
·         Ahli Perencanaan Sistem Informasi (2 orang)
Ahli Perencanaan Sistem Informasi disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang perencanaan dan perancangan sistem informasi sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
·         Software Developer (2 orang)
Software Analyst disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
·         Database Analyst (1 orang)
Database Analyst disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang database sistem informasi sekurang-kurangnya 2 (tiga) tahun
·         Ahli Jaringan Komputer (1 orang)
Ahli Jaringan Komputer disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang jaringan komputer sistem informasi sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
·         Ahli Software Tester (1 orang)
Ahli Software Tester disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang testing sistem informasi sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
·         Ahli Software Quality Assurance (1 orang)
Ahli Software Quality Assurance disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang penjaminan mutu perangkat lunak sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar